Baju nikah dan gaun pengatin memiliki perbedaan fungsi dan makna. Baju nikah dikenakan saat melaksanakan ijab Kabul atau pemberkatan selengkapnya lihat di sini, sedangkan gaun pengantin dikenakan di saat pesta adat atau pesta resepsi pernikahan. Khusus gaun pengantin wanita ini harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan baju nikah, oleh karena itu tidak jarang orang mengenakan baju gaun pengantin sewaan, terutama gaun pengantin adat jarang sekali ada mempelai yang secara khusus menempah gaun baru. Oleh karena itu salah satu peluang bisnis penyewaan adalah jasa  sewa menyewa pelaminan dan baju pengantin yang bisa dikategorikan salah satu peluang usaha menjanjikan karena setiap hari ada saja orang yang melangsungkan pernikahan.

Model dan contoh gaun pengantin wanita sangat bergantung pada nuansa adat kedua mempelai. Sebab kebanyakan orang melangsungkan acara pernikahan sesuai adat mereka, baik kalangan masyarakat umum, artis maupun pejabat. Untuk itu berikut ini beberapa contoh model gaun pengantin wanita sesuai adat istiadat yang ada di Indonesia.

Berikut ini alamat sewa pelaminan untuk beberapa suku:
Untuk daerah Ibu Koata Jakarta, ada rias dan jasa sewa busana pengantin adat modern dan tradisional Alamatnya di Jala Gatot Subroto Kuningan Timur Jakarta Selatan. atau anda bisa konfirmasi dan konsultasi melalui telepon ke 021-521-3651/521-3652. Disini tersedia lengkap untuk berbagai gaun pengantin sewaan, seperti gaun pengantin adat Jawa, dll.

Busana atau gaun pengantin adat tradisional di daerah Bandung anda bisa konsultasi dan konfirmasi ke Puri Busana Irma berada di jalan Melong Asih Dalam Nomor 174 Perumahan Cijerah 2 kawasan Cigondewah Rahayu Kota Bandung. Atau terlebih untuk memastikannya silahkan hubungi nomor telepon usaha pernikahan ini 022-604-2924/ 022-604-0444.Untuk daerah bandung biasanya yang banyak digunakan adalah pakaian pengantin adat sunda tentunya.
peta lokasi gaun pengantin adat bandung
credit to google maps

Gaun pengantin adat yang sulit dicari tempat penyewaanya adalah jika acara pernikahan adat dilangsungkan di luar wilayah adat istiadat bersangkutan misalnya; sewa gaun pengantin adat batak di kota Balikpapan, atau mencari sewa gaun pengantin adat minang di kota Surabaya. Tentu saja kasus seperti ini biasa saja terjadi, dan berdasarkan pengalaman harga sewa pada kasus pesta pernikhan seperti ini bisa jadi lebih mahal bila dibandingkan dengan sewa pelaminan/ gaun pengantin adat di daerah asalnya.

Berbicara mengenai gaun pengantin wanita sesuai dengan adat sulit sekali dimodifikasi, sebab setiap pakaian adat memiliki aturan dan norma yang diwariskan secara turun temurun sebagai ciri khas budaya. jika ada perbedaan mencolok dari sebuah gaun pengantin adat biasanya masyarakat akan berkomentar, dan terkadang komentar itu kurang baik. Untuk itu demi kelancaran pesta pernikahan ada baiknya ikuti saja norma adat yang berlaku, jangan terlalu memaksakan kehendak untuk tampil beda, sebab jika bukan kita yang menghargai adat istiadat siapa lagi yang akan mau menghormati adat itu. Informasi tambahan untuk souvenir pernikahan juga dapat dihubungi nomor telepon diatas.

Labels: , ,

Gaun pengantin wanita – Sewa atau Tempah?? pada blog pernikahan tanggal Tuesday, December 24, 2013 demikianlah Gaun pengantin wanita – Sewa atau Tempah?? ditulis oleh P Singarimbun


by @ 3:47 PM   Contact Author