Baju nikah adalah gaun atau pakaian yang dipakai saat ijab Kabul sebuah pernikahan, berbeda makna dengan baju pengantin, baju pengantin biasanya sesuai dengan adat pernikahan dari kedua mempelai atau, acara adat yang diinginkan. Selain baju pengantin secara adat ada juga baju pengantin modern atau tidak ada nuansa adat manapun didalamnya.

Baju nikah pria umumnya sederhana saja, stelan jas atau kemeja putih ditambah dengan peci atau kopiah.  Banyak juga orang yang secara khusu membuat model berbeda dengan umumnya, yakni dengan merancang desain khusus ala artis-artis terkenal. Itu semua tergantung pada modal nikah yang ingin anda keluarkan. Alangkah bijaknya pakaian saat ijab sederhana saja sebab acara ini adalah acara tersakral dari serangkaian pesta pernikahan. Kesederhanaan itu sesungguhnya melambangkan kesyukuran, dan mempelai yang bersyukur senantiasa rumah tangganya akan dirahmatiNya.

Baju nikah wanita memang agak lebih rumit dari baju pria, karena wanita memang cenderung menganut sifat gaya dan boros.. hehehe. Gaun nikah wanita yang paling umum dibuat adalah gaun berwarna putih, meraka bilang sih menggambarkan kesucian… wealah ribet amat ya. Gaun nikah ini sebaiknya terbuat dari bahan yang menyerap, karena acara pernikahan biasanya lama dan banyak orang duduk secara bertumpuk.

Harga baju nikah pria, sebenarnya sih tidak ada patokan harga pasaran, semua bergantung pada kemampuan para pengantin. Namun demikian saya lebih menyarankan pakai saja pakaian nikah yang harganya tidak berlebihan, bahkan untuk pakaian pria ini lebih baik dibeli saja pakaian jadi. Ingat satu hal bahawa di acara ijab Kabul itu ada hubungan vertical, ketika anda mengucapkan janji suci. Masak di depan sang pencipta anda ingin pamer kekayaan, emang anda lebih kaya dari sang pencipta? Lain ceritanya tentang pakaian pesta nikah (resepsi/ baju pengantin), itu silahkan saja anda bergaya sesuka hati, mau pakaian harga 100 juta juga ada kok.. heheh.

Begitu juga hendaknya dengan gaun nikah wanita, alangkah baiknya memahami konsep acara akad nikah tersebut.  Memang sebaiknya mengenakan pakaian terbaik di hari pernikahan, tapi bukan dengan tujuan pamer.  Bijaklah menggunakan uang untuk merancang/ desain baju nikah ini. Alangkah lebih baik  uang terbanyak dialokasikan ke cincin kawin. Sebab cincin kawin ini bisa menjadi investasi berharga bagi rumah tangga anda nantinya, sama halnya dengan investasi emas batangan dimana nilainya akan naik dari waktu kewaktu.

Walaupun baju pengantin itu bebas dan sesuka hati, namun ingat bahwa rumah tangga itu bukan hanya satu hari (di hari pesta pernikahan saja). Jadi jangan terlalu berlebihan dalam memilih harga baju / gaun pengantin ini. Harga gaun nikah saat ini bukan murah, rata-rata jutaan rupiah. Jadi ketika anda memesan gaun pengantin sebainya ingat hari esok… heheheh.

Model gaun pengantin modern sanagt beragam, beda halnya dengan gaun pengantin adat. dimana pakaian mempelai sudah distandarisasi berdasarkan adat masing-masing. Kalau mau dibuat sih, bisa jadi harga pakaian adat ini lebih mahal daripada gaun pengantin modern. Tapi kan saat ini pakaian adat umumnya pakaian sewaan, jadi biaya bisa lebih murah.

Untuk pakaian pengantin modern sebelum memesan ada baiknya anda melihat-lihat contoh-contoh gambar baju nikah yang banyak dipajang orang  di internet, atau bisa juga melihat katalog gaun baju pernikahan yang ditawarkan taylor di daerah anda. Cara agar baju pengantin murah terutama untuk pria, anda cukup ambil model baju pengantin yang anda suka di internet, majalah atau katalog. Bawa gambar model tersebut ke tukang jahit dan pesan pada mereka, harganya pasti jauh lebih murah bila dibandingkan dengan anda memesan di taylor besar. Untuk gaun pengantin wanita hal ini mungkin sulit dilakukan karena pakaian pengantin wanita tidak semua tukang jahit mampu membuatnya, tapi banyak juga penjahit kecil mampu menjahitkan persis seperti model-model baju pengantin terkenal.

Itulah tulisan seputar baju nikah di blog ini semoga bermanfaat.  Jika anda ingin share sesuatu tetang pernikahan seperti foto pre wedding atau catering pernikahan murah silahkan share melalui komentar atau hubungi author blog ini melalaui contact.

Labels:

Baju nikah pada blog pernikahan tanggal Friday, December 13, 2013 demikianlah Baju nikah ditulis oleh Singarimbun


by @ 10:45 AM   Contact Author