Cincin kawin berlian terlihat elegan dan mewah, apalagi diikat dengan bahan emas yang tepat. Tapi tidak jarang pengantin baru tertipu ketika membeli cincin kawin berlian ini. Dengan iming-iming harga murah dan adanya embel-embel berlian kerap mengecoh para pembeli. Untuk itu sebaiknya berhati-hati dalam jual beli berlian ini. Keaslian sebuah berlian paling akurat bila dilengkapi dengan sertifikat gemology yang menyatakan bahwa berlian yang ada di cincin kawin kita tersebut benar-benar terbuat dari intan.
cincin kawin
Sertifikat keaslian berlian ini sangat penting, kita tahu bahwa harga intan pembuat berlian sangatlah mahal. Jika cincin berlian yang kita gunakan tidak bersertifikat, maka bisa saja suatu saat ketika kita ingin menjualnya si pembeli akan mengurangi harga  dengan alasan bahwa cincin berlian tersebut tidak asli. Tapi jika kita memiliki sertifikat keaslian, dapat dipastikan harganya akan tetap bahkan menjadi lebih mahal. Jadi ketika kita ingin membeli cincin kawin berlian pastikan ada dua surat yakni surat cincin kawin tersebut dan sertifikat keaslian berlian dari gomolog.

Bagaimana jika toko perhiasan (jewelry)  temapt kita membeli tidak menyediakan sertifikat? maka tanyakan apakah cincin kawin berlian tersebut asli. Jika dia bilang asli, maka katakana bahwa anda akan membuat sertifikat berlian tersebut ke lab gemology, dan jika hasil lab mengatakan berlian tersebut tidak asli maka toko perhiasan tersebut bersedia menggantinya dengan cincin kawin berlian asli atau mengembalikan uang.

Apakah seribet itu membeli berlian? Ya… sebab bayangkan jika permata yang ada di cincin kawin anda ternyata bukan berlian, tapi hanya bongkahan kaca tau quartz saja, padahal anda membelinya dengan harga normal berlian di pasaran. Sudah pasti anda akan sangat kecewa sewaktu ingin menjualnya nanti. Di sebuah setifikat gomolog akan dijelaskan jenis berlian, apakah berlian sintetis atau murni batu intan dari alam. Sintetis dan alami ini juga sangat penting diketahui, sebab harga sintetis jauh lebih murah dari berlian yang berasal dari alam.


Inti dari tulisan ini hanyalah mengingatkan kita semua ketika ingin mempersiapkan pernikahan, dimana segalanya disaat yang mendesak bisa saja menjadi mahal. Oleh karena itu tetap dituntut kehati-hatian baik ketika ingin membeli cincin kawin, mempersiapkan souvenir atau juga baju nikah. Sebab banyak sekali orang yang memancing di air yang keruh, tahu kita sedang butuh dan terburu-buru mereka memanfaatkannya demi keuntungan mereka sendiri. Semoga dengan tulisan singkat ini tidak ada lagi orang yang tertipu dengan cincin kawin belian sintetis atau palsu. 

Labels:

Cincin Kawin Berlian – Pastikan Keasliannya pada blog pernikahan tanggal Monday, December 23, 2013 demikianlah Cincin Kawin Berlian – Pastikan Keasliannya ditulis oleh P Singarimbun


by @ 1:55 AM   Contact Author