Wajibkah cincin kawin di sebuah pernikahan? Jawabnya si tidak, tapi sangat perlu. Cincin bukan merupakan syarat atau rukun nikah, namun demikian manfaatnya ini luar biasa penting dalam sebuah pernikahan. Bagaimana manfaatnya? Akan kita bahas di halaman ini berdasarkan pendapat dan pengalaman penulis, agar kita tidak salah membeli cincin kawain terutama mengenai bahan pembuatnya, beserta alokasi anggaran biaya pernikahan yang digunaakan untuk membelinya.

Biaya sebuah pernikahan memang mahal, apalagi diiringi dengan pesta. Standar pernikahan tanpa pesta hanya ijab Kabul saja anda harus mengeluarkan uang minimal Rp. 150.000 (pembayaran di KUA). Kurang baik rasanya sebuah pernikahan tanpa ceremony baik secara adat ataupun resepsi modern. Seyogyanya sebuah penikahan dipublikasikan ke public minimal ke kerabat dan tetangga terdekat, agar mereka tidak salah paham ketika anda hidup berpasangan di sebuah rumah dengan suami/isteri anda. Mahalnya biaya pernikahan ini sebaiknya diatur proporsi di setiap bagianya; seperti biaya foto prewed, biaya baju nikah, cincin kawin dan pesta pernikahan. Saran saya alokasikan dana dengan persentase besar untuk membeli cincin, semakin besar (mahal) semakin baik.

Coba anda perhatikan pasangan suami isteri yang sudah lama berumah tangga di sekitar anda (eks ayak/ibu, tetangga atau sanak family). Terutama perhatikan jari jemari mereka, apakah masih menggunakan cincin kawin? Jika tidak kemanakah cincin tersebut? Inilah maka saya katakana sangat penting mempersiapkan yang berkualitas dan besar (dalam artian gram dan carat-nya). Bisa jadi orang yang anda lihat di sekitar anda telah menjualnya untuk keperluan yang sangat penting, sebab pasti di suatu saat sebuah rumah tangga akan membutuhkan dana secara mendadak.

Cincin kawin mahal, jangan pernah menyesal anggap saja itu adalah salah satu investasi anda. Asalkan tidak salah dalam memilih bahan. Usahakan bahannya dari emas murni, sebab harga emas akan semakin meningkat dari masa kemasa. Jadi cincin emas anda sama saja dengan investasi emas batangan. Bayangkan bila saat ini anda memiliki seberat 10 gram (sempasang) maka nilainya sekitar 5 juta. Berarti saat anda memulai rumah tangga baru anda sekaligus memulai investasi dengan besar modal Rp. 5 juta. Kira-kira berapa harganya anda 10 tahun yang akan datang? Prediksi saya harga total sepasang sekitar 12,5 juta (sesuai dengan trend harga emas).

Jadi daripada anda buang-buang waktu dan uang hanya untuk foto gaya-gayaan untuk pre wedding, alangkah baiknya foto prewed tersebut ditiadakan dan alihkan uangnya untuk membeli investasi sejak dini.

Bahan cincin kawin sangat beragam, diantaranya emas putih (titanium), emas kuning, suasa dan perak. Saran saya lebih baik beli dari emas kuning daripada membeli emas putih, harga beli emas putih jauh lebih mahal namun harga jualnya sangat rendah (coba aja tanya rukang emas). Sedangakan harga jual emas murni selalu semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Model cincin kawin sangat beragam, semakin rumit modelnya semakin mahal harganya. Tapi saat di jual kembali model ini tidak akan diperhatikan oleh pembeli, yang diperhatikan tetap berat tersebut. Jadi jangan mau membeli model, jika pengrajin emas tempat anda menempa model bukanlah jewelery terkenal di seluruh dunia. Ingat sekali lagi, jangan membeli model, bayangkan dan bandingkan ukuran tubuh anda dengan ukuran cincin yang akan anda kenakan, cincin tersebut teramat kecil hampir tidak terlihat dan jarang di perhatikan orang. Jadi ngapain anda repot-repot membeli model?

Sebuah cincin 3 gram di kota anda dihargai Rp. 10 juta (misalnya), coba anda bawa ke kota sebelah (nggak usah jauh-jauh beda kota kecamatan saja), dan jual disana saya yakin mereka mau membeli cincin tersebut tidak lebih dari 2 juta. Jadi sekali lagi ngapain anda membeli model, tapi belilah berat emas murni yang dikandung.

Itulah pendapat saya tentang model dan jenis cincin kawin, semoga bermanfaat. Jika anda ingin berbagi pengalaman tentang pernikahan seperti tips resepsi pernikahan murah, atau ingin sekedar mempublikasikan model foto prewed anda di blog kecil ini silahkan hubungi author atau share melalui form komentar.

Labels:

Cincin Kawin pada blog pernikahan tanggal Thursday, December 12, 2013 demikianlah Cincin Kawin ditulis oleh P Singarimbun


by @ 2:12 PM   Contact Author